Pengertian Motherboard (chapter 2)


Graphic Slot Cards

Untuk Slot kartu grafis digunakan bila pada motherboard tidak ada VGA onboard atau anda berencana menggunakan kartu grafis terpisah agar pemrosesan gambar menjadi lebih cepat daripada onboard. Saat ini, ada 3 tipe interface kartu grafis yang banyak dijumpai, yaitu AGP 8x, PCI Express x16, dan PCI Express 2.0 x16.

AGP (Accelerated Graphics Port) merupakan tipe interface lama yang menggunakan jenis parallel. Kecepatan transfer maksimum AGP adalah sekitar 2 GB/s. Sejak pergantian tren dari parallel ke serial, kecepatan itu merupakan kecepatan yang pelan bila dibandingkan dengan PCI Express yang bisa mencapai 8 GB/s. Tanda x didepan PCI Express merupakan lanes, jalur data dengan kecepatan tiap lane-nya adalah 250 MB/s. PCI Express x16 mampu mengirim data sebesar 16×250MB/s = 4GB/s.

graphic slot card

Gambar slot PCI Express x4 (atas), PCI Express x16 (panjang), PCI Express x1 (pendek), dan PCI (bawah)

Slot Cards

Semua motherboard pasti memiliki slot PCI dan slot kartu grafis. Slot PCI biasanya digunakan untuk modem, sound card, physx card, dan kartu tambahan lainnya. Untuk masa mendatang, beberapa motherboard menyediakan slot PCI Express x1 dan PCI Express x4 dimana nantinya akan menggantikan slot PCI.

Controllers

Controller pada motherboard seperti IDE controller untuk harddisk mengalami perkembangan, dari PATA (Paralel Advance Technology Attachment) dengan bandwidth tertinggi 66 – 133 MB/s menjadi SATA (Serial Advance Technology Attachment) dengan bandwidth 150 MB/s dan 300 MB/s untuk SATA II. Selain itu beberapa motherboard juga mendukung RAID. RAID adalah sistem penggunaan dua atau lebih harddisk yang identik dengan tujuan peningkatkan kinerja penyimpanan data atau sebagai back up data. Pertimbangkan pula banyaknya USB port yang terdapat pada motherboard anda serta dukungan Front Panel USB yang bisa dihubungkan ke chassis komputer. Perlu diketahui bahwa USB saat ini terdapat 2 versi, yaitu versi 1.1 yang memiliki transfer rate sekitar 50 KB/s dan versi 2.0 yang memiliki transfer rate maksimal 60 MB/s. Karena perbedaan kecepatan yang sangat mencolok, perhatikanlah jenis USB dari motherboard yang ingin anda gunakan.

Port-port yang terdapat pada motherboard PC

· Port Paralel (LPT), biasa digunakan untuk printer atau Joystick yang masih menggunakan kabel parallel

· Port COM, port untuk mouse atau keyboard yang berbasis Port COM

· Port PS/2, port ini berbentuk bulat, biasanya digunakan untuk mouse ball atau optical dan keyboard yang berbasis Port PS/2

· Game Port, biasa digunakan untuk Game Pad

· Port USB 1.1 / USB 2.0 (Universal Serial Bus) karena besifat universal maka port ini dapat digunakan untuk semua hardware seperti mouse, keyboard, printer, Flash disk, camera digital, dan lain – lain yang menggunakan kabel tipe USB

· LAN, untuk konektivitas jaringan

· Firewire, port yang memiliki transfer rate 400 Mb/s (versi a) & 800 Mb/s (versi b) biasa untuk harddisk external

· eSATA, port baru sebagai pengganti harddisk eksternal dengan USB maupun firewire.

· Serial Port, port untuk VGA (hanya ada pada motherboard dengan onboard VGA)

· Sound Port, terdiri dari beberapa port seperti:

Ø Line In, port ini berfungsi untuk recording dari alat elektronik lainnya

Ø Mic, port ini umum dipakai untuk headset

Ø Front, untuk speaker depan atau umum digunakan pada speaker stereo

Ø Center, Left, Right, Rear,Front: port untuk speaker surround 5.1

Motherboard yang terdapat pada notebook

Motherboard adalah komponen penting dari setiap komputer, bahkan sebuah notebook juga memiliki papan rangkaian ini. Teknologi yang terkandung di dalam motherboard notebook tidak kalah dengan teknologi motherboard komputer. Fungsi motherboard notebook juga sama dengan fungsi motherboard komputer, yaitu tempat menancapkan beberapa komponen yang terdapat di dalam notebook. Hanya saja motherboard notebook memiliki ukuran yang lebih kecil dan tipis. Karena memiliki ukuran yang lebih kecil maka komponen komputer tidak bisa di pasang di motherboard notebook. Komponen yang bisa di pasang di motherboard notebook adalah processor, memory, Harddisk SATA atau PATA, slot PCMCIA, modul WiFi. Di beberapa bagian notebook kita juga bisa melihat beberapa port yang tidak berbeda jauh dengan motherboard komputer, hanya saja di sini terdapat tambahan beberapa port, misalnya port modem, card reader.

port notebook

Perubahan Komponen Motherboard

Baru-baru ini, terjadi perubahan di sisi komponen motherboard antara lain:

Teknologi Baru: USB 3.0

usb3

USB 3.0 merupakan interface yang mampu mentransfer data dengan bandwidth sekitar 10 kali daripada USB 2.0. Spesifikasi USB 3.0 ini dapat mendukung transfer melalui fiber optik atau kabel biasa (tembaga). USB 3.0 ini masih terbagi menjadi 2 bagian, yaitu USB 3.0 A dan USB 3.0 B. Prototype dari USB 3.0 A adalah backward compatible, maksudnya, USB ini kompatibel dengan USB versi terdahulunya, sedangkan USB 3.0 B sepenuhnya adalah interface baru.

Iklan

Tentang imamfahruddincyber

I Want to lerning Wordpreess
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s