Pengertian Komponen Komputer


Komponen komputer adalah semua piranti elektronik yang terdapat di dalam sebuah komputer. Piranti elektronik ini biasa disebut sebagai perangkat keras komputer atau computer hardware. Perangkat keras komputer ini bisa kita beli secara terpisah di toko komputer untuk kemudian kita rakit sendiri menjadi sebuah komputer.

Komponen-Komponen Yang Termasuk Ke Dalam Komponen Komputer

Komponen komputer bisa dikategorikan menjadi dua macam, yang pertama adalah komponen komputer utama, yaitu komponen-komponen komputer yang mutlak diperlukan agar sebuah komputer bisa nyala atau berfungsi, sedangkan yang kedua adalah komponen komputer tambahan atau biasa disebut sebagai peripheral, yaitu komponen komputer yang sifatnya sebagai pelengkap saja atau untuk menambahkan fungsi dari komputer tersebut.

Berikut daftar komponen-komponen komputer yang termasuk ke dalam komponen komputer utama dan komponen komputer tambahan:

Komponen Komputer Utama

  • Motherboard.
  • Processor + Fan dan Heatsink.
  • RAM.
  • Video Card.
  • Sound Card.
  • Hard Disk.
  • Optical Disc Drive .
  • Monitor.
  • Keyboard.
  • Mouse.
  • Casing + Power Supply.

 

Komponen Komputer Tambahan (Peripheral)

  • LAN Card.
  • Modem.
  • TV Tuner.
  • Printer.
  • Scanner.
  • Speaker.
  • Headphones.
  • Bluetooth.
  • USB Card.
  • FireWire Card.
  • Webcam.
  • dll.

Fungsi Masing-Masing Komponen Komputer

Motherboard

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

Processor

Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.

RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki olehmotherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.

Video Card

Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

Sound Card

Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard dimotherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card.

Hard Disk

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki olehmotherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

Optical Disc Drive

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki olehmotherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.

Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.

Keyboard

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

Mouse

Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

Power Supply

Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya sepertimotherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.

Casing

Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factormotherboard yang didukungnya.

Mencari Tahu Spesifikasi Komputer Seperti Apa Yang Cocok Untuk Kalian

Sebelum kalian membeli komponen-komponen komputer untuk kalian rakit sendiri ataupun minta dirakitkan oleh toko menjadi sebuah unit komputer, ada baiknya kalian menganalisa terlebih dahulu mengenai kebutuhan-kebutuhan kalian akan komputer tersebut. Cari tahu aktifitas apa yang akan kalian lakukan dengan komputer tersebut nantinya, hal ini berguna untuk mencegah kalian membeli komponen-komponen komputer yang tidak kalian perlukan atau komponen-komponen komputer dengan spesifikasi tinggi dan harga tinggi namun pada kenyataannya tidak akan terpakai oleh aktifitas kalian, dengan begitu kalian bisa menghemat biaya yang harus kalian keluarkan untuk membangun sebuah unit komputer.

Ada beberapa komponen komputer yang memegang peranan penting ketika melakukan berbagai aktifitas berbeda berdasarkan pengalaman saya, beberapa hal berikut ini mungkin bisa membantukalian dalam menentukan spesifikasi komputer seperti apa yang cocok untuk aktifitas kalian:

RAM Berkapasitas Besar

Jika kalian sering bekerja dengan cara membuka beberapa aplikasi-aplikasi berbeda secara bersamaan, atau memainkan game-game terbaru, maka RAM berkapasitas besar harus menjadi salah satu prioritaskalian dalam membangun sebuah unit komputer. Karena jika RAM-nya kecil misalnya hanya berkapasitas 512 MB saja, komputer kalian akan terasa berat nantinya.

Processor Dengan Clock Speed Tinggi Atau Processor Dengan Multi-Core

Jika kalian sering bekerja menggunakan aplikasi-aplikasi yang banyak melakukan perhitungan-perhitungan misalnya aplikasi-aplikasi scientific, simulasi, game-game terbaru, atau melakukan beberapa proses pada beberapa aplikasi berbeda secara bersamaan, maka processor dengan clock speed tinggi atau processor dengan multi-core harus menjadi salah satu prioritaskalian dalam membangun sebuah unit komputer.

Hard Disk Berkapasitas Besar

Jika kalian sering menyimpan atau mengoleksi data-data multimedia seperti film dan lagu, mengoleksi software, atau kalian sering meng-install aplikasi-aplikasi yang membutuhkan space hard disk yang besar seperti game-game terbaru, maka kapasitas hard disk besar harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer.

Video Card Dengan Spesifikasi Tinggi

Jika kalian seorang gamer, maka memiliki sebuah video card dengan spesifikasi tinggi di komputer kalian sudah menjadi suatu keharusan, karena kalau tidak kalian tidak bisa menjalankan game yang ingin kalian mainkan tersebut, atau bisa jalan tapi gambarnya lambat atau patah-patah.

Sound Card Dengan Kualitas Bagus

Jika kalian seorang komposer musik yang sering bekerja menggunakan aplikasi-aplikasi musik digital, maka sound card dengan kualitas bagus harus menjadi salah satu prioritaskalian dalam membangun sebuah unit komputer.

Monitor Berukuran Besar Dengan Resolusi Tinggi

Monitor berukuran besar dengan resolusi tinggi akan bermanfaat jika kalian sering bekerja dengan cara menyandingkan beberapa jendela aplikasi secara bersamaan agar semua jendela tersebut terlihat pada saatkalian melakukan pekerjaan kalian. Monitor berukuran besar juga akan terasa bermanfaat jika kalian adalah seorang graphic designer, karena dengan begitu maka kalian bisa melihat ukuran canvas secara utuh di aplikasi grafis yang kalian gunakan tersebut tanpa harus men-scroll-nya.

Cara Merakit Sebuah Komputer

Merakit sebuah komputer bukanlah sesuatu yang susah sebenarnya, asal kalian membeli komponen-komponen komputer yang kompatibel satu sama lain dan membaca buku manualnya, kalian pasti bisa melakukannya. Komponen komputer itu sudah dirancang sedemikian rupa interface-nya, kalau memang bukan tempat untuk memasukannya maka komponen komputer tersebut tidak bakalan masuk walaupun kita tekan sekuat tenaga juga. Jadi tidak akan ada cerita kalian salah memasukkan RAM ke slot untuk video card di motherboard.

Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara atau tahapan-tahapan yang biasa saya lakukan ketika merakit sebuah komputer, berikut tahapan-tahapannya:

  • Cari tahu sistem komputer apa yang kalian inginkan, apakah sistem komputer berbasis processor Intel atau AMD.
  • Cari tahu motherboard apa yang bagus untuk sistem komputer berbasis processor yang kalian inginkan tadi, yang tentunya sesuai dengan budget kalian. Kalian bisa mencari tahunya baik melalui majalah-majalah komputer maupun dengan cara mencari artikelnya di internet.
  • Setelah ketemu model motherboard yang bagus dan sesuai dengan budget kalian, cari tahu spesifikasi motherboard tersebut dan tulis daftar komponen-komponen komputer lainnya yang akan kalian beli yang tentunya harus kompatibel dengan motherboard yang kalian pilih tersebut.
  • Setelah semua komponen komputer-nya kalian beli, kini saatnya kalian merakit komponen-komponen komputer tersebut menjadi sebuah unit komputer.
  • Buka dus casing komputer dan buka penutupnya, kemudian letakkan di sebuah meja dengan posisi terbaring agar mudah untuk dipasangi motherboard dan komponen-komponen lainnya, juga siapkan sebuah obeng kembang dan wadah kecil untuk menyimpan baut-baut agar tidak berceceran dan hilang.
  • Buka dus motherboard, di dalam dus motherboard tersebut biasanya terdapat sebuah alas busa, ambil alas busa tersebut, letakkan di atas meja, lalu letakkan motherboardnya di atas alas busa tadi, kemudian baca buku manual motherboard tersebut tentang bagaimana caranya menginstall processor, fan dan heatsink processor, RAM, dan kabel-kabel indikator lampu led dan sakelar di casing komputer.
  • Setelah dibaca buku manualnya, pasang processor (jangan lupa mengolesi bagian atas processor dengan thermalpaste jika di bagian bawah heatsink processor belum diolesi dari pabriknya), fan dan heatsink processor (jangan lupa memasang kabel power fan-nya ke motherboard), RAM, lalu dekatkan motherboard tersebut ke casing komputer dan pasang kabel-kabel indikator lampu LED dan sakelar yang terdapat di casing komputer tersebt ke motherboard.
  • Setelah semuanya terpasang, cari di dalam dus motherboard sebuah lempengan alumium yang berlubang-lubang dimana lubangnya sesuai dengan port-port yang dimiliki motherboard tersebut. Buka lempengan alumunium seperti itu yang terdapat di casing komputer dan gantikan dengan lempengan yang kita ambil dari dus motherboard tadi.
  • Pasang motherboard ke dalam casing komputer lalu pasang baut-bautnya.
  • Pasang kabel power ATX dan ATX 12V (kalau ada) dari power supply ke motherboard, baca manual book motherboard jika kalian tidak tahu caranya.
  • Pasang hard disk dan optical drive (CD-ROM, DVD-ROM, dll) ke tempatnya di dalam casing komputer lalu pasang baut-bautnya.
  • Pasang kabel power hard disk dan optical drive (CD-ROM, DVD-ROM, dll), lalu pasang kabel datanya, baca manual book motherboard jika kalian tidak tahu caranya.
  • Jika kalian membeli video card, sound card dan lain sebagainya, pasangkan komponen-komponen tersebut ke slotnya di motherboard, lalu pasang bautnya, baca manual book motherboard jika kalian tidak tahu caranya.
  • Setelah semua komponen terpasang, berdirikan casing komputer tersebut.
  • Buka dus monitor, letakkan di atas meja, pasang kabel power monitornya ke sumber listrik (bisa dari power supply atau dari sumber listrik langsung tergantung jenis kabel yang disediakannya).
  • Kemudian pasang kabel dari monitor tersebut ke video card yang telah terpasang di motherboard dan casing komputer.
  • Pasang keyboard dan mouse sesuai denga port-nya masing-masing.
  • Pasang kabel power dari power supply ke stabilizer, lalu pasang kabel power dari stabilizer ke sumber listrik.
  • Tekan tombol power di casing komputer dan monitor untuk menghidupkan komputer yang baru saja kalian rakit tersebut.

 

Tips Merawat Komputer

Semua benda elektronik itu ada umurnya, suatu saat pasti rusak juga. Tetapi walaupun begitu, agar umurnya panjang maka kita perlu pintar-pintar merawatnya. Begitu pun dengan komputer, ada beberapa tips tentang merawat komputer yang biasa saya lakukan yang mungkin akan berguna bagi kalian:

  • Tempatkan casing komputer dan monitor komputer di sebuah meja yang kokoh alias tidak bergoyang-goyang.
  • Usahakan agar ruangan tempat kalian menyimpan komputer bebas dari debu atau selalu dalam keadaan bersih, karena casing komputer memiliki beberapa fan atau kipas yang berfungsi untuk menyedot udara segar dari luar, yang tentunya otomatis debu-debu halus pun ikut tersedot jika ruangannya kotor.
  • Sekitar 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, buka casing komputer dan bersihkan semua komponen-komponennya dari debu menggunakan penyedot debu atau bisa juga menggunakan kuas halus, terutama debu-debu yang menumpuk di dalam fan dan heatsink.
  • Jangan terlalu sering membongkar pasang beberapa komponen seperti RAM dan video card, kedua komponen ini berdasarkan pengalaman saya sering bermasalah jika terlalu sering dibongkar pasang, suka tidak ter-detect pada saat komputer dinyalakan, mungkin slotnya jadi longgar atau lempengan-lempengan tembaganya terkikis karena keseringan dibongkar pasang.
  • Seminggu sekali bersihkan keyboard dan tombol-tombolnya dari debu menggunakan kuas atau penyedot debu, saya sih biasanya suka menjemurnya juga barang beberapa menit setelah dibersihkan, supaya kuman-kumannya mati, soalnya katanya keyboard ini merupakan salah satu tempat favorit kuman-kuman berkumpul.
  • Seminggu sekali membersihkan mouse, dan juga alas mousenya.
  • Seminggu sekali membersihkan layar monitor agar selalu terlihat kinclong dan sedap dipandang mata.
  • Setiap hari membersihkan meja komputer dan ruangan komputer, agar terlihat bersih dan rapi, sehingga kerja pun menjadi enak dan nyaman.
Iklan

Tentang imamfahruddincyber

I Want to lerning Wordpreess
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s