Pengertian Dasar Motherboard / Mainboard (chapter 1)


motherboard

Motherboard merupakan komponen utama sebuah PC, karena pada motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Motherboard atau juga dikenal dengan Mainboard adalah papan rangkaian utama pada komputer dimana processor, memory dan peripheral-peripheral lainnya terpasang. Motherboard berfungsi mengatur dan menghubungkan antara satu peripheral dengan pheripheral lainnya dalam menjalankan sebuah sistem.

Yang perlu anda ketahui dari motherboard antara lain:

1. Processor Socket (jenis, jumlah pin).

2. Chipset

3. Memory Slots

4. Slot cards (PCI, AGP, PCI Express, dll)

5. Controller IDE, SATA, Floppy, USB

6. BIOS dan baterai BIOS/CMOS

7. Slot Power Motherboard

8. Fitur tambahan lainnya

Processor Sockets

Socket Processor adalah interface atau tempat untuk meletakkan processor pada motherboard anda. Socket processor yang anda pilih akan menentukan processor apa yang sesuai dengan motherboard anda. Berikut ini macam-macam motherboard berdasarkan socket-nya yang sering kita jumpai:

socket motherboard

Bila anda berencana ingin membeli motherboard dalam waktu dekat ini, perlu anda pertimbangkan motherboard dengan socket yang baru supaya bila di masa mendatang anda ingin meng-upgrade komputer, tidak perlu mengganti motherboard.

Chipset

chipset

Chipset yang digunakan pada motherboard berperan sangat vital karena berfungsi mengatur lalu lintas data seperti aliran data dari processor ke memory, dari memory ke harddisk, dll. Chipset menentukan jenis dan kecepatan maksimal processor, besar FSB maksimal yang didukung, jenis memory yang digunakan, frekuensi memory maksimal yang didukung, dll. Selain itu juga terdapat fitur-fitur yang diusung oleh motherboard anda, seperti dukungan RAID, USB, Firewire, SATA, dual channel, dll.

Beberapa produsen chipset motherboard yang cukup terkenal antara lain:

– platform Intel : Intel, SiS, nVIDIA, VIA, dan ATi

– flatform AMD : nVIDIA, VIA dan ULI

Pada dasarnya, para pembuat motherboard sendiri mendesain produknya berdasar spesifikasi dari chipset yang digunakan. Bahkan mereka dapat mencontohnya dari reference board yang disediakan pembuat chipset. Itulah sebabnya, setiap kali mengetes motherboard dari berbagai merk yang menggunakan chipset yang sama, kecepatannya tidak begitu jauh berbeda. Rata-rata perbedaannya seperti umur pemakaian, stabilitas, kelengkapan fitur, dan dukungan teknologi (apakah semua kemampuan chipset dimaksimalkan atau tidak).

Pada umumnya, terdapat 2 chipset utama yang terdapat pada motherboard, yaitu:

– northbridge: mengatur lalu lintas data pada processor, memory, dan VGA

– southbridge: mengatur lalu lintas data selain yang diatur oleh northbridge, seperti harddisk, drive optik, back panel, LAN card, sound card, dll.

block diagram

Bus

bus

Bus adalah jalan yang memungkinkan tiap komponen saling terhubung. Besarnya maksimal bus yang didukung tergantung dari chipset pada motherboard. Pada memory, yang mengatur bus adalah memory controller yang terdapat pada chipset motherboard.

Lebar bus dianalogikan sebagai banyaknya mobil yang dapat melalui jalan secara parallel, sedangkan frekuensi bus dianalogikan sebagai kecepatan mobil pada saat melalui jalan tersebut. Pada komputer, terdapat banyak bus, namun bus yang paling penting adalah sistem bus atau lebih dikenal dengan FSB (Front Side Bus) dimana bus ini menghubungkan processor dan northbridge.

Memory Slots

Memory Slot adalah tempat untuk menghubungkan memory dengan motherboard. Saat ini terdapat 3 macam memory slot yang masih diproduksi, yaitu slot DIMM yang kompatibel dengan DDR, slot DIMM2 yang kompatibel dengan memori jenis DDR2, dan DIMM3 untuk DDR3. Perlu diperhatikan pula frekuensi memory maksimum yang didukung serta jumlah slot yang disediakan motherboard, semakin banyak semakin baik.

Iklan

Tentang imamfahruddincyber

I Want to lerning Wordpreess
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s